Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Tangerang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/ 1
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
Materi : Pergaulan bebas dan sumber hukum islam
PERGAULAN BEBAS
A. Standar Kompetensi
Memahami ayat - ayat Al-Qur’an
tentang menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perzinaan serta menerapkannya dalam kehidupan
sehari – hari.
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami QS Al – Isra ayat 32 dan QS An – Nur ayat 2
2. Memahami manfaat dan
hikmah larangan pergaulan bebas dan perzinaan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Mampu
membaca
Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Mampu memahami dampak dari pergaulan bebas dan perzinaan
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, wara’, patuh
pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad,
enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
·
Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
·
Isi kandungan Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
·
Pengertian pergaulan bebas
·
Dampak dari pergaulan bebas dan berzina
·
Faktor – faktor yang mempengaruhi pergaulan bebas dan perzinaan
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan diskusi
kelompok
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu membaca Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Mampu menjelaskan isi kandungan Q.S.
Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Mampu memahami dampak dari pergaulan bebas dan
perzinaan
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Siswa membaca dengan fasih Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Siswa mengamati tajwid Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
|
§ Menyebutkan arti
per-kata Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
§ Menyebutkan hukum bacaan
tajwid Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
§ Mendiskusikan isi
kandungan Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
§ Menyebutkan dampak dari pergaulan bebas dan
berzina
|
Siswa membiasakan menjauhkan
diri dari pergaulan bebas dan perzinaan yang terdapat dalam Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Mempraktikkan perilaku yang
menjauhkan diri dari pergaulan bebas dan perzinaan yang terdapat dalam Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Menunjukkan perilaku
yang menjauhkan diri dari pergaulan bebas dan perzinaan yang terdapat dalam Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai
pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Guru mengulang sedikit terkait materi pelajaran
minggu lalu
- Guru menjelaskan secara singkat materi
yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Apakah pengertian pergaulan bebas dan perzinaan
menurut kalian ?
- Siapakah diantara kalian yang sudah pernah melihat seseorang melakukan pergaulan bebas
?
- Guru menunjuk seorang siswa yang sudah
fasih membaca Q.S. Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2 untuk
memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru.
- Setelah para siswa selesai membaca secara
klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Q.S. Al – Isra : 32 dan An –
Nur : 2
- Guru meminta beberapa siswa untuk
menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S. Al – Isra : 32 dan An –
Nur : 2
Eksplorasi
-Mendiskusikan pengertian pergaulan bebas dan berzina di sertai dengan slide
- Siswa menyaksikan sebuah video terkait dampak dari
pergaulan bebas dan berzina
- Siswa diminta untuk menyampaikan hikmah atau manfaat dari tayangan video tersebut.
Konfirmasi
- Dalam Q.S.
Al – Isra : 32 dan An – Nur : 2 banyak mengandung
nilai-nilai yang dapat menghindarkan
diri dari hal – hal yang menjurus kepada perbuatan zina seperti berpakaian tidak menutup aurat, mendatangi tempat maksiat dll. Memilih teman yang
berakhlak mulia serta zina merupakan perbuatan yang di haramkan oleh allah.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar
para siswa menyebutkan pengertian
pergaulan bebas dan perzinaan.
- Guru meminta agar para siswa rajin
mempelajari arti dan hikmah isi kandungan Q.S. Al – Isra : 32 dan An –
Nur : 2.
- Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk mencari faktor – faktor dan cara mengatasi akibat dari
pergaulan bebas dan perzinaan secara berkelompok.
- Guru meminta siswa
mempresentasikan hasil tugasnya secara berkelompok untuk minggu depan.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan
siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan Departemen AgamaRI
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
Menyaksikan video
sumber hukum islam
A. Standar Kompetensi
Memahami sumber hukum islam, hukum taklifi dan
hukum ibadah.
B. Kompetensi Dasar
1. Menyebutkan pengertian, kedudukan, dan fungsi Al –
Qur’an, hadist, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
2. Menjelaskan pengertian,
kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum islam.
3. Mampu menerapkan hukum taklifi
dalam kehidupan sehari – hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Dapat
menjelaskan pengertian sumber hukum islam.
Mampu
menjelaskan
pengertian, kedudukan, dan fungsi
Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
Mampu menjelaskan fungsi hadist terhadap Al – Qur’an.
Mampu menyebutkan macam – macam hadist.
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum
islam.
Mampu menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari – hari.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, wara’, patuh
pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad,
enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
a. Sumber Hukum Islam
·
Pengertian
hukum dan sumber hukum Islam.
·
Pengertian,
kedudukan, dan fungsi Al-Qur'an.
·
Pengertian,
kedudukan, dan fungsi hadis.
·
Pengertian,
kedudukan, dan fungsi ijtihad.
b. Hukum Taklifi dan Hukum Wad’i
·
Pengertian,
kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dan hukum wad’i.
·
Penerapan
hukum taklifi dan hukum wad’i dalam kehidupan sehari-hari.
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan presentasi
kelompok.
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad
sebagai sumber hukum islam.
Mampu menjelaskan fungsi hadist terhadap Al – Qur’an.
Mampu menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum
taklifi dan wad’i
Mampu menerapkan hukum taklifi dan wad’i dalam kehidupan sehari
– hari.
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Mempresentasikan pengertian,
kedudukan dan fungsi Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad .
|
§ Menjelaskan pengertian
sumber hukum islam.
§ Dengan kelompok belajarnya,
siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompok tentang
pengertian, kedudukan, dan fungsi
Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad sebagai sumber hukum
§ Menjelaskan
pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum islam.
|
Siswa dapat menerapkan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari – hari.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai
pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Guru mengulang sedikit terkait materi pelajaran
minggu lalu
- Guru menjelaskan secara singkat materi
yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
pembelajaran sumber hukum islam
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Apakah pengertian pergaulan hukum, hukum islam dan
sumber hukum islam?
- Siapakah diantara kalian yang sudah pernah melihat seseorang melakukan pergaulan bebas
?
- Guru menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil kelompok terkait
pengertian, kedudukan, dan fungsi Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad.
- Setelah siswa mempresentasikan hasil kelompoknya, guru memberikan kesempatan kepada
kelompok lain untuk menambahkan atau menanyakan terkait materi yang di
presentasikan oleh setiap kelompok.
Eksplorasi
-Mendiskusikan pengertian, kedudukan, dan fungsi Al – Qur’an, hadist, dan
ijtihad
- Guru menjelaskan dan menambahkan materi tentang
sumber hukum islam.
- Guru menjelaskan materi tambahan tentang hukum
taklifi dan hukum wad’i
- Siswa diminta untuk memberikan contoh hukum taklifi dan hukum wad’i
dalam kehidupan sehari – hari.
Konfirmasi
- Dalam bab ini banyak mengandung nilai-nilai dalam menyampaikan
sesuatu untuk orang banyak serta dapat menambah wawasan siswa mengenai sumber hukum islam serta siswa dapat menerapkan hukum
taklifi dan hukum wad’i dalam kehidupan sehari - hari.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar
para siswa menyebutkan pengertian sumber
hukum islam.
- Guru meminta agar para siswa menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi
dari Al – Qur’an, hadist, dan ijtihad.
- Guru meminta kepada siswa
menyebutkan dan menjelaskan macam – macam hukum taklifi beserta contohnya.
- Guru meminta siswa untuk
tugas minggu depan mencari contoh hukum taklifi bagi seorang pelajar.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan
siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Buku pelajaran PAI SMA kelas I
Makalah hasil kelompok siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar